Study Banding Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kampar Di Dinas Pertanian Kota Padang

Padang - Kamis (30/11) telah dilaksanakan study banding acara penyambutan hingga kunjungan rombongan dinas Pertanian TPH Kabupaten Kampar di Dinas Pertanian Kota Padang. Acara di awali dengan penyambutan rombongan yang dibuka oleh Yoice Yuliani, S.Pt., M.Si. selaku Kadis Pertanian di Aula Dinas Pertanian Kota Padang dan dilanjutkan dengan sambutan dari Tamrin, SP., M.Si. selaku Sekdis Pertanian TPH Kabupaten Kampar.

Acara penyambutan dilanjutkan dengan pemaparan nara sumber mengenai Sertifikasi Benih oleh Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi Sumatera Barat yakni Ir. Yelfi Fatriezi, MP. Beliau menjelaskan panduan tentang teknis sertifikasi benih padi agar mutu dan kemurnian benih terjaga, serta tersedianya varietas unggul kepada petani. Penyambutan rombongan Kabupaten Kampar ini ditutup dengan sesi diskusi, penyerahan cendera mata dari Dinas Pertanian TPH Kabupaten Kampar dan foto bersama.

Sekdis Pertanian TPH Kabupaten Kampar mengungkapkan peserta study banding terdiri dari PPL, KTNA Kabupaten Kampar, Koordinator BPP, Pelaku Usaha untuk mengadopsi perkembangan dan inovasi yang telah dilakukan oleh Dinas Pertanian Kota Padang.

"Kami banyak berterima kasih karena di sambut begitu hangat dari Pemerintah Kota Padang dan Dinas Pertanian Kota Padang. Kami merasa terharu sekali dan banayak hal-hal yang kami dapatkan, mudah-mudahan kedepan dapat diterapkan di Kabupaten Kampar. Sekali lagi terima kasih, kami mengharapkan kiranya ada kunjungan balasan dari Dinas Pertanian Kota Padang ke Kabupaten Kampar, kami tunggu kedatangannya" ungkap Tamrin dalam wawancara selepas acara penyambutan selesai.

Study banding rombongan Kabupaten Kampar dilanjutkan dengan kunjungan ke salah satu kelompok penangkar benih yaitu kelompok Tani Budi Sepakat. Rombongan bersama-sama melihat lokasi pertanaman padi untuk benih Varietas Cisokan, membeli beras padi varietas PB 42,dan sharing pengalaman tentang teknis penangkaran benih dengan PPL Dinas Pertanian Kota Padang, Ketua dan Anggota Kelompok Tani Budi Sepakat.

Acara ini juga dihadiri oleh Sekdis Pertanian kota Padang beserta Kabid-Kabid dan Koordinator BPP. (ZK)